Truk Bermoncong Hampir Punah? Ini Penyebabnya di Indonesia

Playmaker

Truk Bermoncong Hampir Punah? Ini Penyebabnya di Indonesia
Sumber: Detik.com

Pernahkah Anda memperhatikan semakin langkanya truk bermoncong di jalanan Indonesia? Kendaraan komersial dengan desain unik ini dulunya cukup populer. Kini, pemandangan tersebut telah menjadi kenangan.

Truk-truk yang dijual di Indonesia saat ini umumnya berdesain ‘pesek’, tanpa kap mesin atau bonet. Perubahan ini disebabkan oleh perpindahan posisi mesin, dari depan ke bawah kabin.

Mengapa Truk Bermoncong Mulai Punah?

Hilangnya truk bermoncong bukanlah fenomena lokal. Tren global telah beralih ke desain tanpa bonet untuk kendaraan komersial.

Santiko Wardoyo, mantan COO PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI), menjelaskan bahwa desain truk bermoncong dianggap kurang efisien untuk kebutuhan komersial modern. Kecuali di Amerika Serikat, sebagian besar negara telah meninggalkan desain ini.

Alasan utamanya adalah efisiensi ruang angkut. Dengan menghilangkan bonet, produsen dapat memperpanjang bagian kargo belakang, meningkatkan kapasitas angkut sesuai permintaan pasar.

Keuntungan Bisnis Truk Tanpa Moncong

Dari perspektif bisnis, truk tanpa bonet lebih menguntungkan. Desain ini memungkinkan penambahan panjang kargo tanpa menambah panjang keseluruhan kendaraan.

Seno Wirdiyawantoro, General Manager Product Planning Division Hino Indonesia, menegaskan hal ini. Konsumen lebih menyukai truk dengan ruang muat lebih besar, meskipun artinya mesin harus dipindahkan ke bawah.

Truk, pada dasarnya, didesain untuk mengangkut barang. Oleh karena itu, memaksimalkan ruang kargo menjadi prioritas utama. Permintaan pasar pun menunjukkan tren yang sama, yaitu lebih menyukai truk tanpa moncong.

Aspek Keamanan dan Pertimbangan Desain

Meskipun desainnya berbeda, keamanan truk tanpa bonet tetap terjamin. Kecepatan operasional truk yang umumnya lebih rendah dibandingkan kendaraan penumpang mengurangi risiko kecelakaan.

Santiko Wardoyo menekankan hal ini. Meskipun tanpa bonet, keamanan truk tetap terjaga karena karakteristik operasionalnya yang berbeda dari mobil penumpang.

Perpindahan posisi mesin ke bawah kabin juga tidak mengurangi kemampuan manuver truk dan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap stabilitas kendaraannya.

Kesimpulan

Pergeseran dari truk bermoncong ke desain tanpa bonet didorong oleh faktor efisiensi bisnis dan permintaan pasar. Desain baru ini memungkinkan peningkatan kapasitas angkut tanpa mengorbankan keamanan. Tren ini tampaknya akan terus berlanjut di masa mendatang, menjadikan truk bermoncong sebagai bagian dari sejarah industri otomotif Indonesia.

Ke depan, inovasi teknologi pada truk diprediksi akan semakin fokus pada efisiensi bahan bakar, teknologi pengemudi otomatis, dan sistem keselamatan yang lebih canggih, terlepas dari desain eksteriornya.

Popular Post

Longsor Gunung Kuda Cirebon: Korban Tewas Bertambah, Pencarian Dihentikan

Berita

Longsor Gunung Kuda Cirebon: Korban Tewas Bertambah, Pencarian Dihentikan

Bencana longsor Gunung Kuda di Cirebon, Jawa Barat, telah menorehkan duka mendalam. Peristiwa dahsyat yang terjadi Jumat, 30 Mei 2025 ...

Daftar SPMB SMP Jakarta 2025: Panduan Aktivasi Akun & Jadwal Lengkap

Berita

Daftar SPMB SMP Jakarta 2025: Panduan Aktivasi Akun & Jadwal Lengkap

Pendaftaran siswa baru jenjang SMP di Jakarta untuk tahun ajaran 2025/2026 telah dimulai. Dinas Pendidikan Provinsi Jakarta telah membuka Sistem ...

Daftar SPMB Jakarta 2025: Jalur, Jadwal, dan Cara Daftar

Berita

Daftar SPMB Jakarta 2025: Jalur, Jadwal, dan Cara Daftar

Pendaftaran Sistem Penerimaan Murid Baru (SPMB) Jakarta 2025 resmi dibuka sejak Minggu, 16 Juni 2025. Calon siswa dapat mendaftar secara ...

DANA Kaget Hari Ini: Saldo Gratis 3 Juni 2025? Klaim Sekarang!

Gaya Hidup

DANA Kaget Hari Ini: Saldo Gratis 3 Juni 2025? Klaim Sekarang!

Dapatkan Saldo DANA Gratis Ratusan Ribu Rupiah! Begini Caranya Ingin mendapatkan saldo DANA gratis hingga ratusan ribu rupiah? Kesempatan ini ...

Tragedi Pegawai BI Tewas Lompat Helipad Gedung Kuningan

Berita

Tragedi Pegawai BI Tewas Lompat Helipad Gedung Kuningan

Tragedi di Gedung Bank Indonesia: Pegawai Meninggal Setelah Lompat dari Helipad Sebuah peristiwa tragis terjadi di Gedung Bank Indonesia (BI), ...

Tragedi Longsor Gunung Kuda Cirebon: Satu Warga Tewas Tertimbun

Berita

Tragedi Longsor Gunung Kuda Cirebon: Satu Warga Tewas Tertimbun

Tragedi longsor kembali menghantam area pertambangan galian C Gunung Kuda, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Peristiwa yang terjadi Jumat ...