Misteri Bandara Dhoho Kediri Sepi: Lebih dari Perawatan Pesawat?

Playmaker

Misteri Bandara Dhoho Kediri Sepi: Lebih dari Perawatan Pesawat?
Sumber: Kompas.com

Bandara Dhoho di Kediri, Jawa Timur, yang mulai beroperasi April 2024, kini terkesan sunyi. Sejak pertengahan Mei 2025, tidak ada aktivitas penerbangan komersial. Padahal, bandara ini diharapkan menjadi alternatif bandara internasional di Jawa Timur bagian selatan. Namun, berbagai tantangan telah menghambat harapan tersebut.

Keheningan di Bandara Dhoho bukan sekadar masalah perawatan pesawat. Penghentian penerbangan Citilink, satu-satunya maskapai yang melayani rute Kediri-Jakarta, memang diakibatkan perawatan armada. Namun, akar permasalahannya jauh lebih dalam.

Rendahnya Minat Penumpang: Faktor Utama Sepinya Bandara Dhoho

Okupansi penumpang yang rendah menjadi penyebab utama sepinya Bandara Dhoho. Citilink hanya melayani dua penerbangan per minggu. Super Air Jet, yang sempat melayani rute Balikpapan, juga telah menghentikan operasinya. Hal ini menunjukkan minimnya minat pasar terhadap bandara tersebut.

Harga tiket yang lebih mahal dibandingkan Bandara Juanda di Surabaya menjadi keluhan warganet di media sosial. Keterbatasan rute penerbangan juga mengurangi daya tarik bagi calon penumpang yang mengedepankan efisiensi waktu dan biaya. Akibatnya, banyak orang tetap memilih Bandara Juanda.

Tantangan Infrastruktur dan Konektivitas

Djoko Setijowarno, pengamat transportasi dari Masyarakat Transportasi Indonesia, menekankan pentingnya permintaan pasar bagi keberlangsungan operasional maskapai. Bandara Banyuwangi, yang sukses karena ditopang sektor pariwisata yang kuat, menjadi contoh yang kontras. Bandara Dhoho belum didukung oleh sektor pariwisata dan konektivitas yang memadai.

Belum adanya transportasi umum reguler dari kota-kota sekitar menuju bandara juga menjadi kendala. Aksesibilitas yang buruk membuat Bandara Dhoho kalah bersaing dengan Bandara Juanda di Sidoarjo dan Bandara Abdulrachman Saleh di Malang. Calon penumpang enggan menggunakan bandara jika tidak ada akses transportasi yang mudah.

Sinergi Pariwisata dan Infrastruktur: Kunci Sukses Bandara Dhoho

Pemerintah Daerah (Pemda) perlu meningkatkan sinergi antara pembangunan infrastruktur bandara dengan pengembangan sektor pariwisata dan konektivitas. Pengembangan potensi wisata di daerah sekitar, seperti Tulungagung, Trenggalek, dan Blitar, sangat penting untuk menarik minat wisatawan.

Pemda juga harus menyediakan transportasi umum yang memadai menghubungkan bandara dengan kota-kota sekitarnya. Promosi wisata yang gencar juga diperlukan untuk meningkatkan awareness dan minat masyarakat terhadap Bandara Dhoho. Bandara Dhoho memiliki *runway* sepanjang 3.300 meter dan mampu menampung pesawat berbadan besar. Potensi besar ini perlu dimaksimalkan dengan integrasi yang baik antara infrastruktur, pariwisata, dan transportasi.

Tanpa upaya terintegrasi tersebut, Bandara Dhoho berisiko menjadi proyek infrastruktur yang tidak berfungsi optimal, seperti kasus Bandara Kertajati sebelumnya. Oleh karena itu, pengembangan yang komprehensif dan berkelanjutan sangat krusial untuk keberhasilan Bandara Dhoho. Pembelajaran dari kegagalan bandara lain harus menjadi pelajaran berharga untuk mencegah hal serupa terjadi.

Popular Post

Longsor Gunung Kuda Cirebon: Korban Tewas Bertambah, Pencarian Dihentikan

Berita

Longsor Gunung Kuda Cirebon: Korban Tewas Bertambah, Pencarian Dihentikan

Bencana longsor Gunung Kuda di Cirebon, Jawa Barat, telah menorehkan duka mendalam. Peristiwa dahsyat yang terjadi Jumat, 30 Mei 2025 ...

Daftar SPMB SMP Jakarta 2025: Panduan Aktivasi Akun & Jadwal Lengkap

Berita

Daftar SPMB SMP Jakarta 2025: Panduan Aktivasi Akun & Jadwal Lengkap

Pendaftaran siswa baru jenjang SMP di Jakarta untuk tahun ajaran 2025/2026 telah dimulai. Dinas Pendidikan Provinsi Jakarta telah membuka Sistem ...

Gaji Tamtama TNI AD: Rincian Gaji & Tunjangan Lengkap

Berita

Gaji Tamtama TNI AD: Rincian Gaji & Tunjangan Lengkap

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) membuka rekrutmen besar-besaran untuk prajurit tamtama. Sebanyak 24.000 formasi tersedia dalam setahun. Langkah ...

Daftar SPMB Jakarta 2025: Jalur, Jadwal, dan Cara Daftar

Berita

Daftar SPMB Jakarta 2025: Jalur, Jadwal, dan Cara Daftar

Pendaftaran Sistem Penerimaan Murid Baru (SPMB) Jakarta 2025 resmi dibuka sejak Minggu, 16 Juni 2025. Calon siswa dapat mendaftar secara ...

Lowongan Pramusaji Mie Gacoan Batang

Loker

Lowongan Pramusaji Mie Gacoan Batang Tahun 2025 (Lamar Sekarang)

Lagi cari kerja dan kebetulan suka banget sama Mie Gacoan? Berbahagialah! Karena di artikel ini kita akan membahas lowongan Pramusaji ...

Lowongan Pramusaji Mie Gacoan BandungssS

Loker

Lowongan Pramusaji Mie Gacoan Bandung Tahun 2025

Lagi cari lowongan kerja yang seru dan menjanjikan? Info lowongan Pramusaji Mie Gacoan di Bandung ini mungkin banget cocok buat ...